Keren! Ini Kampanye dari Agensi Public Relations yang Perlu Anak PR Tahu

September 2, 2023, oleh: superadmin

Citra Pariwara merupakan festival tahunan yang diselenggarakan oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia sejak 1987. Festival ini terbuka untuk seluruh praktisi komunikasi pemasaran; advertising, media dan digital, baik secara individu maupun organisasi. Malam penganugerahan Citra Pariwara 2022 lalu berhasil diselenggarakan pada Desember dengan beragam kategori dan pemenang. Salah satu kategori untuk agensi Public Relations adalah kategori Citra Pariwara For Good, berikut kampanye-kampanye yang berhasil mendapatkan anugerah dari Citra Pariwara.

Berbagi Kebaikan by MullenLowe Group

Tahun 2020, tercatat terdapat penyandang 400,000 kanker di Indonesia. Kebanyakan dari penyandang tersebut kehilangan rambutnya dalam proses kemoterapi. Lifebuoy percaya, rambut yang kuat dan bersinar mampu mendatangkan kebaikan. Terinspirasi dari misi Lifebuoy yakni memupuk nilai-nilai baik dalam keluarga, Lifebuoy meluncurkan kampanye Berbagi Kebaikan ini.

MullenLowe Group merupakan agensi komunikasi yang berpusat di London, serta terdapat Lintas Indonesia yang bupast di blabla. Berkomitmen untuk selalu menjadi penantang (challenger) MullenLowe bergerak dalam bidang kreatif, strategi, digital, CRM, merek dan PR Perusahaan, pengaruh sosial, tujuan dan konsultasi berkelanjutan. MullenLowe Group telah bekerja dengan banyak perusahaan besar di Indonesia, seperti Pertamina, Bank BRI, hingga Garuda Indonesia.

Equal is Better by Celsius Creative

“Whatever is made in pairs, is created as equal.”

Kampanye Equal is Better yang diproduksi untuk Kompas.Id mengangkat isu besar di Indonesia, kesetaraan. Dalam kampanye yang diproduksi Celsius Creative tersebut, Indonesia bisa mencapai GDP (Gross Domestic Product) sebanyak 135 miliar USD, apabila lebih aktif melibatkan perempuan berpartisipasi dalam sektor pekerjaan. Kompas.Id sebagai salah satu portal media terkemuka di Indonesia mencoba terlibat bagaimana mengangkat isu kesetaraan ini dengan lebih efektif.

Celsius Creative merupakan media kreatif agensi yang berpusat di Jakarta. Berdiri sejak 2006 Celsius Creative bergerak dalam brand strategy development, brand naming, visual brand identity, kampanye periklanan, kampanye digital dan media sosial, hingga brand aktivasi. Sejak berdirinya hingga saat ini, Celsius Creative banyak menyabet penghargaan-penghargaan di Citra Pariwara.

#CloseTheGap by Hakuhodo

Masih dalam isu kesetaraan, perempuan masih belum dibayar setara dengan jenis pekerjaan yang sama dengan laki-laki. She Radio FM dengan kampanye #CloseTheGap mengajak masyarakat untuk menyadari bagaimana besarnya gap perbedaan pendapatan atas pekerjaan yang sama bagi perempuan dan laki-laki. Hakuhodo dengan kreatif menggunakan FaceApp, mengubah foto laki-laki dengan pekerjaan tertentu menjadi perempuan. Namun, bukan hanya wajahnya saja yang berubah, namun pendapatan yang tertera dalam gambar menjadi berkurang. Hasil foto tersebut dibagikan secara masif di media sosial.

Hakuhodo Inc. merupakan perusahaan periklanan dan public relations Jepang dibawah naungan Hakuhodo DY Holdings. Berdiri sejak 1895, saat ini Hakuhodo merupakan sepuluh besar perusahaan pemasaran dan inovasi terintegrasi di dunia. Terdapat lebih dari 150 kantor di 20 negara. Di Indonesia, Hakuhodo berpusat di Jakarta. (fsb)