Kemahasiswaan

KOMAKOM UMY

Merupakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMY yang didirikan pada tanggal 4 Desember 1996 di kampus terpadu UMY. KOMAKOM UMY berfungsi sebagai wadah berkumpul bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY, memperjuangkan aspirasi mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY, mendengarkan serta menjembatani antara mahasiswa, karyawan jurusan dan dosen Ilmu Komunikasi.  Memiliki agenda Rutin Tahunan yang menarik seperti menyelenggarakan Masa Ta’aruf tingkat Jurusan, bakti sosial, Malam Keakraban, Communication Award, Geladih Tangguh Jurnalistik, dan JIFF. KOMAKOM tergabung dalam Forum Nasional yaitu Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) dan juga membuka jaringan dengan HMJ ( Himpunan Mahasiswa Jurusan) lain di lingkungan kampus maupun di luar kampus UMY. Selain itu, KOMAKOM mewadahi aspirasi organisasi yang berbentuk komunitas atau biasa disebut dengan BSO ( Badan Semi Otonom). BSO yang berada dalam naungan KOMAKOM adalah ; CiKo (Cinema Komunikasi), Fotka (Fotografi Komunikasi), Ikom Radio. 

Badan yang bertugas mengawasi dan mengontrol jalannya program kerja setiap divisi serta roda organisasi secara keseluruhan.

Divisi yang bergerak dalam bidang kehumasan sekaligus mewadahi aspirasi dan kegiatan bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi khususnya konsentrasi Public Relations.

Berfokus pada bidang periklanan sekaligus mewadahi aspirasi dan kegiatan bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi khususnya konsentrasi Advertising.

Merupakan divisi yang berfokus pada bidang penyiaran sekaligus mewadahi aspirasi dan kegiatan bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi khususnya konsentrasi Broadcasting.

Divisi yang bergerak dalam bidang jurnalistik serta berfokus mengelola media sosial KOMAKOM sebagai sarana informasi bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY.

Bergerak sebagai lembaga dana usaha KOMAKOM yang membantu keuangan organisasi agar lebih mandiri serta memproduksi dan memasarkan suatu produk maupun merchandise di ilmu komunikasi UMY .

Previous
Next

Student Exchange

Program Studi Ilmu Komunikasi memberikan fasilitas kepada mahasiswa yang ingin melakukan pertukaran mahasiswa (student exchange) di luar negeri. Mahasiswa akan mengikuti program ini baik selama satu semester (6 bulan) ataupun dua semester (12 bulan). Dalam masa pertukaran mahasiswa ini, nilai yang sudah didapatkan di universitas tujuan dapat dikonversikan ke mata kuliah yang ada di UMY, sehingga tidak perlu mengulang mata kuliah yang ada. Selain itu, bagi yang mengikuti student exchange, mendapatkan gratis biaya kuliah (tuition fee) dari universitas tujuan. 

Serba - Serbi Mahasiswa

KOMUNITAS MENULIS