IP - COS
International Program of Communication Studies (IP-COS) merupakan program internasional yang diluncurkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi UMY untuk mendukung visi internasionalisasi UMY. Konsentrasi yang ditawarkan pada program internasional ini adalah bidang Public Relations (PR). Program ini akan dimulai pada tahun akademik 2020/2021. IP-COS siap dengan pembelajaran daring atau berbasis online. Calon peserta didik baru dapat mendaftar pada program IP-COS melalui berbagai jalur prestasi. Seperti penerimaan Berdasarkan Nilai Ujian Akhir Nasional (PNUAN), Penerimaan Siswa Prestasi (PSB), serta jalur tes reguler seperti Paper Based Test (PBT) atau Computer Based Test (CBT) yang telah disediakan UMY pada tahun akademik baru.
KONSENTRASI
Advertising
Berfokus pada Strategic Planning dan Creative Copy Base pada pengelolaan komunikasi pemasaran sebuah brand. Memadukan pemahaman yang mendalam pada perilaku konsumen dan investigasi brand untuk menemukan pesan yang relevan. Pesan ini akan diolah dalam brainstorming untuk mencari ide kreatif dalam menyampaikan pesan melalui berbagai media terkini yang terintegrasi.
Sebelum lulus, mahasiswa advertising akan ditantang dalam kompetisi iklan seperti UMY Communication Award, Advertising UIN, Ajisaka UGM, Caraka Advertising Festival dan Pinasthika Advertising Festival, untuk langsung belajar merasakan dan bertemu dengan pekerja iklan. Festival Iklan menjadi peluang bagi lulusan komunikasi untuk memulai karir sebagai Copywriter, Strategic Planner, Account Executive, Media Director, Advertising Producer dan Brand Manager.
Broadcasting
Berfokus pada feature and documentary films, peminatan Broadcasting menjadikan satu-satunya perguruan tinggi komunikasi yang menghasilkan calon profesional yang memiliki kompetensi di bidang produksi program feature dan documenter.
Prospek lulusan peminatan Broadcasting seperti : Reporter, News Presenter, Entertainment Presenter, Announcer, MC, Director, Copywriter, Moviemeker, Producer, Animator, Cameraman dan Researcher.
Public Relations
Bidang ini difokuskan pada kajian social and political public relations. Di Indonesia, hanya Program Studi Ilmu Komunikasi UMY satu-satunya yang concern pada kajian tersebut. Peminatan Public Relations (PR) merupakan studi terhadap tugas dan profesi yang berkaitan erat dengan manajemen informasi dan komunikasi sebuah instansi atau organisasi secara internal maupun eksternal.
Prospek lulusan Public Relations : Public Relations Officer di berbagai instansi pemerintahan, perusahaan komersil dan organisasi baik organisasi pemerintah maupun Non Government Organization (NGO)/LSM, Project Officer, Manajer Project, dan Account Executive.