Dari Buat Kampanye sampai Bikin Film, Serunya Kuliah di Komunikasi UMY

Agustus 12, 2023, oleh: superadmin

Kuliah komunikasi sering dikaitkan dengan belajar berinteraksi dan belajar sebab secara umum Ilmu Komunikasi mempelajari bagaimana menyampaikan pesan dari pemberi pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan). Perlu diketahui kuliah komunikasi memiliki berbagai konsentrasi ilmu seperti Jurnalistik, Penyiaran, Public Relations, Iklan, Desain Komunikasi Visual hingga Film.

Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sendiri memiliki tiga konsentrasi yakni Public Relations, Advertising, dan Broadcasting. Dalam mempelajari mata kuliah konsentrasi yang dimulai sejak semester 4 ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan materi saja namun beragam praktik yang meningkatkan kompetensi mahasiswa komunikasi UMY, seperti merancang program kampanye, produksi iklan TV hingga radio, dan produksi film.

Public Relations yang Event Banget

Salah satu mata kuliah wajib mahasiswa public relations (PR) adalah Manajemen Event dan Teknik Protokoler. Dalam mata kuliah tersebut mahasiswa PR diajak untuk menghadapi permasalahan riil klien, yakni Bank BPD Syariah di mana outputnya adalah mahasiswa perlu merancang serta merealisasi konsep program yang mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi klien.

Tak lama setelahnya, teman-teman PR dengan mata kuliah Professional Image juga mengadakan praktikum bagaimana merepresentasikan diri secara profesional dan elegan. Di akhir mata kuliah, terdapat praktikum table manner yang diselenggarakan di salah satu hotel di Jogja.

“Menjadi kegiatan rutin, ya karena juga merupakan praktikum,” ujar Mahmud salah satu mahasiswa PR yang menjadi panitia penyelenggara.

Menurutnya dalam mempersiapkan kegiatan table manner khususnya cukup banyak tantangan, salah satunya adalah ketika melakukan negosiasi dengan pihak eksternal, salah satunya pihak hotel.

Rancang Konsep hingga Screening Iklan

Konsentrasi advertising juga banyak menyelenggarakan kegiatan, salah satunya adalah screening iklan. Dalam perkuliahan, mahasiswa advertising diajak untuk mampu membuat konsep iklan di berbagai platform seperti radio hingga tv. Di mata kuliah Iklan Radio dan Televisi-lah mahasiswa dilatih untuk bisa, setelah itu mahasiswa advertising akan mengadakan screening iklan untuk pemenuhan tugas akhir.

“Untuk mempersiapkan acaranya sendiri tidak terlalu banyak, hanya dari segi teknis saja seperti lokasi, konsumsi, dan perangkat acara,” ujar Arif mahasiswa advertising yang menjadi salah satu panitia penyelenggara.

Arif menambahkan, sebagai kegiatan rutin tahunan karena sebagai tugas akhir, juga menjadi salah satu bentuk apresiasi terhadap karya-karya (iklan) yang telah dibuat.

Mahasiswa Broadcasting Belajar Produksi Berbagai Jenis Film

Ada satu lagi konsentrasi yang sering banget melakukan praktikum, Broadcasting. Konsentrasi yang akan mengajak kamu belajar di dalam dunia penyiaran seperti jurnalistik hingga film.

Salah satu kegiatan mahasiswa broadcasting yang baru saja dilakukan adalah menyelenggarakan festival film dokumenter. Menghadirkan 13 film dokumenter, festival ini juga berfungsi sebagai sarana meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya film dokumenter sebagai alat informasi, edukasi, dan pemahaman yang lebih mendalam mengenai isu-isu sosial yang relevan. (fsb)