Belajar di Luar Kelas ‘Nyambi’ Bisnis Ala Mahasiswa IK UMY

Desember 8, 2023, oleh: superadmin

Selain belajar di kampus, sebagai mahasiswa ada ragam kegiatan lain yang bisa mengisi waktu luang namun juga mengembangkan kemampuan. Misalnya, memulai bisnis, berorganisasi hingga magang. Kegiatan-kegiatan ini tentu menjadi wadah dalam mengaplikasikan keilmuan selama kuliah juga mempelajari ilmu baru yang belum di dapatkan selama di ruang kelas.

Salah satu mata kuliah yang dipelajari di Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) adalah bagaimana cara menghadapi hingga melakukan negosiasi dengan klien. Menurut Rosadiyank, mahasiswi yang juga aktif mengelola bisnisnya di Raxsa Co menyampaikan banyak mata kuliah yang membantunya dalam menjalankan bisnisnya, salah satunya adalah bagaimana berbicara dihadapan orang baik dengan klien, negosiasi dengan klien, hingga melakukan presentasi.

Selain mengelola hubungan dengan klien, unsur lain yang juga penting bagi bisnis adalah bagaimana melakukan promosi dalam memasarkan bisnis tersebut. Di Ilmu Komunikasi UMY banyak mempelajari perihal iklan itu sendiri, baik secara konvensional maupun digital. Sehingga banyak sekali mata kuliah yang dipelajari di kampus dan membantu dalam mengelola bisnis bagi mahasiswa.

“Seperti Kewirausahaan, Teknik Negosiasi hingga Iklan Online,” ungkap mahsiswi yang kerap disapa Ocha tersebut.

Kholis, Alif, dan Hadiq juga turut aktif menjalankan bisnis jasa dokumentasi videobooth 360. Berawal dari niat mencari uang saku tambahan, kini bisnis Kholis dan kedua temannya tumbuh menjadi lebih luas, tidak hanya videobooth360 namun juga pada dokumentasi baik foto maupun video secara menyeluruh. Kholis menyampaikan ketiganya banyak menemukan korelasi mata kuliah terutama dari konsentrasi masing-masing dengan bisnis yang sedang mereka jalankan.

“Kita bertiga berasal dari konsentrasi yang berbeda. Jadi kita beritga saling melengkapi baik secara Public Relations-nya seperti lobbying client yakni saya sendiri, kemudian dari Advertising ada Alif yang membantu di bagian promosi marketingnya maupun Hadiq dari Broadcasting mengelola secara teknis penggunaan alat,” ujar Kholis.

Banyak tantangan yang dihadapi oleh empat mahasiswa yang nyambi bisnis ini. Dimulai dari membagi waktu antara menyelesaikan kewajiban-kewajiban yang ada di perkuliahan dan pekerjaan, hingga bagaimana mengelola internal dengan baik. (fsb)