Alnindya Nugrahani, mahasiswa Ilmu Komunikasi konsentrasi Advertising angkatan 2016 meraih juara 2 kategori Vision di REAKSI UPNVYK 2018. Kegiatan ini adalah kompetisi jurusan Ilmu Komunikasi tingkat DIY yang diselenggarakan oleh UPN ”Veteran” Yogyakarta. Kompetisi yang diikuti oleh Alnin ini ditutup dengan Acara Puncak Realisasi Reaksi (APRESIASI) di Gedung Pertemuan FISIPOL UPN pada Minggu (27/10).

“Menang lomba poster, Vision,” jawab Alnin ketika ditanyakan telah memenangkan perlombaan dalam kategori apa di REAKSI UPNVYK 2018. Ia menambahkan bahwa lomba poster ini mengangkat tema tentang Agen Perubahan pada Era Pendekatan Emosional.

Ia mengatakan bahwa sekitar 60 peserta Vision, lalu kemudian diseleksi hingga menjadi 10 finalis. “Awalnya sih ngumpuli poster biasa, terus nanti diseleksi dan masuk 10 besar. Nanti yang masuk finalis 10 besar itu presentasi terus nanti diambil yang 5 besar diundang ke malam apresiasi,” katanya. Ia juga menambahkan bahwa 5 besar finalis berasal dari tiga universitas di Yogyakarta, yaitu UMY, UII, dan UPN.

Di samping itu Alnin mengungkapkan mengenai ide mendasar yang ia angkat dalam mengikuti lomba poster ini. “Ngajak orang yang liat poster aku, mau ngerti orang lain dengan cara melihat lebih luar dan mendengar lebih dalam. Biar kita gak asal ngejudge orang aja gitu loh biar lebih tau tentang gimananya,” kata Alnin. “Pokoknya gimana caranya menghilangkan hate speech. Gimana caranya ajak orang biar gak asal ngomng aja, gak hoax, gak ujaran kebencian semacamnya itu,” sambung Alnin.

Alnin mengaku senang telah dapat meraih juara di perlombaan ini. Ia juga berharap agar teman-temannya termotivasi untuk mengikuti kompetisi. “Dari sepengalamanku kemarin ada hal hal yang gak kita dapatin di kampus, kita dapat dari lomba gitu. Teman-teman mau ikut lomba gitu ya nyoba-nyoba aja, lomba-lomba aja gitu, ayo aja karena juga nambah ilmu. Kita memang gak tau gimana tapi coba aja dulu, pengalaman itu yang penting,” pungkasnya.