Senin, 19 Maret 2018 Prodi Ilmu Komunikasi menyelenggarakan kuliah umum untuk angkatan 2017 di Amphi Theatre Gedung E6 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pada kuliah umum kali ini mengambil tema Marketing di Zaman Old dan Now dengan mengangkat judul Strategic Selling Skills. Adapun pembicara yang hadir adalah salah satu alumni mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sekarang berprofesi sebagai senior sales marketing dealer otomotif di Yogyakarta.

Perbedaan penjualan pada zaman old dan zaman now sudah sangat berbeda, bisa dilihat berdasarkan gaya hidup antar generasi, penggunaan teknologi, dan demografi, jelas Awal Patria. Dimana perbedaan-perbedaan karakteristik pada setiap generasi tersebut membuat para marketing harus mempunyai cara-cara pendekatan tersendiri dalam menawarkan produk. Selain itu, seorang marketing juga harus memiliki rasa peka, rasa ingin tahu yang lebih, dan mampu membuat calon customer ataupun customer nyaman. Rasa ingin tahu lebih yang dimaksudkan disini lebih merujuk kepada proses qualifying, dimana marketing harus tahu bagaimana cara menggali informasi kebutuhan seorang konsumen.

Kunci untuk menjadi seorang marketing yaitu, menjadi pendengar yang baik, komunikatif, tapi tetap menjaga attitude, ucap Awal Patria.