Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali bekerjasama dengan institusi-institusi dalam negeri. Kali ini bertempat di Lobi Rektor pada Kamis (22/9), UMY menyepakati kerjasama dengan Komando Distrik Militer 0729 Bantul. Nota Kesepakatan yang berisi tentang kerjasama dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dan pengembangan serta pemberdayaan sumber daya tersebut ditandatangai oleh Sri Atmaja P. Rosyidi, Ph. D selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni UMY, serta Letnan Kolonel Inf. Agus Widianto selaku Komandan Distrik Militer 0729 Bantul.

“Kerjasama dengan KODIM ini sebagai bentuk kebersamaan dalam menyukseskan tugas Negara. Terlebih saat ini UMY baru gencar-gencarnya mengirimkan KKN di daerah perbatasan. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini bisa saling memantau kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut. Di samping itu, kegiatan seperti MENWA yang ada di UMY ini juga memberi manfaat supaya mereka memiliki empati yang tinggi kepada masyarakat,” papar Sri saat memberi sambutan sebelum prosesi penandatanganan nota kesepakatan tersebut.

Lingkup kerja dari MoU yang telah ditandatangani dari pihak UMY meliputi melaksanakan Pendidikan Kedisiplinan, Pelatihan Bela Diri Yongmoodo dan Pemberian Materi Bela Negara, serta mempunyai program-program kegiatan di wilayah Kabupaten Bantul. Sedangkan dari pihak KODIM Bantul, dalam rangka mewujudkan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit dalam mendukung pembinaan territorial di wilayah Kabupaten Bantul, memerlukan kerjasama dan partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat, termasuk perguruan tinggi.

Saat memberi sambutan, Inf. Agus Widianto mengungkapkan bahwa pihaknya merasa senang karena UMY sangat menyambut baik kerjasama tersebut. Selain itu terkait kerjasama di bidang kegiatan mahasiswa dalam mewujudkan Sapta Marga, UMY juga telah banyak berkiprah melalui MENWA (Resimen Mahasiswa). “Semoga kerjasama ini dapat mempererat tali asih, serta kegiatan seperti MENWA ini, kampus turut mendampingi dan turut serta mendukung kegiatan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi,” harap Inf. Agus. (hv)