Relawan Jurnal Indonesia (RJI) bekerjasama dengan Jurnal Komunikator Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam menggelar Workshop Jurnal Manager yang dihelat di Ruang Sidang Gedung AR Fachruddin A lantai 5 pada Sabtu (1/12). Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMY juga turut mendukung dalam kegiatan ini. Workshop dengan materi Kelas Tata Kelola Jurnal Ilmiah bagi Pemula ini dibimbing langsung oleh tim ahli dan mentor RJI.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menimba ilmu tentang bagaimana me-manage jurnal, tentunya akan membawa banyak manfaat bagi bapak ibu semua. Kita harapkan kegiatan ini akan ada kelanjutannya, mungkin berinisiasi untuk membuat komunitas,” kata Dianita Sugiyo selaku Kepala Divisi Jurnal dan Publikasi LP3M UMY melalui sambutannya. Ia berharap melalui workshop jurnal ini, dapat memudahkan untuk mendapat materi mengelola jurnal yang baik sehingga memudahkan dalam proses publikasi jurnal.

Peserta yang mengikuti workshop ini adalah para pengelola jurnal dari berbagai kampus-kampus di Pulau Jawa. Workshop yang mengangkat materi mengenai Kelas Tata Kelola Jurnal Ilmiah bagi pemula ini, berisi tentang cara mengoperasikan Open Journal System (OJS). Adapun materi yang disampaikan di antaranya set up dasar dan set up 5 steps, manajemen penerbitan, membuat profil Google Scholar, memilih lisensi dan copyright yang benar, serta costum blog manager.

Di samping itu, Andri Putra Kesmawan selaku Ketua Koordinator Pusat RJI mengatakan bahwa workshop ini bertujuan agar membantu para pengoleh jurnal agar mampu mengelola jurnal lebih baik. “Masih banyak hal-hal yang perlu diperbaiki dalam mengelola jurnal yang lebih baik. Karena sejak akreditasi, jurnal harus berbasis online maka kita fokus membuat acara ini dan kita akan membantu hingga bisa,” tandasnya.