“Film Simbiosis menceritakan tentang seorang nelayan yang bernama Rukman Supriatna atau yang sering di panggil pak Anang seorang nelayan tradisional di Pangandaran Jawa Barat, setiap ingin pergi melaut ia harus meminjam modal kepada juragan untuk melaut dikarenakan USP (usaha simpan pinjam) sudah tidak ada lagi di KUD (koperasi unit desa) dan sistem pembagian hasil yang tidak adil membuat pak Anang harus mencari pekerjaan sampingan untuk mencukupi kebutuhan keluarganya”
Simbiosis merupakan film dokumenter yang disutradarai oleh Achmad Rezi Fahlevie, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta angkatan 2015. Film ini adalah tugas dari mata kuliah film dokumenter yang terlaksana selama 2 semester, film Simbiosis menjadi salah satu film pilihan pada Festival Film Bahari 2018 di Cirebon, screening film Simbiosis dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2018 tepatnya di Jatiwangi Sinematek, Jl. Makmur no. 71, Blok Pon
Jatisura, Kec. Jatiwangi, Majalengka.
Simbiosis sebenarnya bukanlah ide awal yang akan kami angkat, tetapi ada beberapa isu sebelumnya yang kami angkat dan bahkan sudah setengah perjalanan, tapi kami memutuskan untuk tidak melanjutkan itu karena ada suatu kendala yang membuat kami harus mencari isu lain untuk kami angkat menjadi sebuah film dokumenter, hasilnya sekarang kami mengangkat kehidupan nelayan di Pangandaran, Jawa Barat ujar Achmad Rezi Fahlevie yang sering di panggil Levie.
Banyak kendala ketika kami memutuskan untuk mengangkat Nelayan di Pangandaran menjadi film dokumenter kami, terutama masalah jarak yang harus kami tempuh untuk sampai di Pangandaran, kami juga harus menyesuaikan jadwal kuliah kami ketika harus riset dan produksi di Pangandaran.
Film Simbiosis ini di produksi oleh 9 mahasiswa Ilmu Komunikasi (Broadcasting) 2015.
Crew Film Simbiosis :
Produser & Audio Person : M Wahyu Saputra
Sutradara & Editor : Achmad Rezi Fahlevie
Assisten Produser : Cahya Dhini L
Camera Person : Tratiana Pebri Setia RDP & M Rifki Saebani
Tim Riset : Raditya Sulton Abadi, Anisa Dwi Marwati, Siti Ardana Reswari.
Lighting : Wengki Ardi
Film Simbiosis menjadi salah satu film pilihan pada Festival Film Bahari 2018 di Cirebon, ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa bagi kami dalam berkarya, semoga film ini bisa bertemu dengan para penontonnya dan dapat diterima oleh banyak orang diluar sana.