Pengembangan Film untuk Pelajar

24 November 2018 oleh :

Direktur Pusbang Film Kemendikbud, Maman Wijaya saat mengunjungi stand UMY di Pameran Potensi Film Gelar Karya Film Pelajar

Selama tiga hari pameran (22-24/12) stand UMY banyak dikunjungi oleh praktisi film dan para pelajar SMA/SMK yang mengikuti GKFP. Para pelajar antusias menonton film yang ditayangkan di stand UMY dan membaca publikasi yang dipamerkan.

Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbang Film) Kementerian dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar Gelar Karya Film Pelajar (GKFP) di Plaza Ki Hadjar Dewantara, kompleks Kemendikbud, Jakarta (22/12). Kegiatan yang resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, ini menampilkan film karya pelajar se-Indonesia dan beragam potensi perfilman Indonesia. Kegiatan ini juga dirangkai dengan Festival Vlog Kemaritiman.

Selain pemutaran dan anugerah penghargaan bagi film pelajar, GKFP juga diisi pameran potensi perfilman Indonesia. Beberapa institusi di ranah film dan yang berkaitan dengan potensi film seperti Karyawan Film dan Televisi (KFT), Lembaga Sensor Film (LSF), Sinematek, Perkumpulan Artis Film Indonesia (Parfindo), Pusbang Film, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan sebagainya berpartisipasi dalam pameran. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) juga turut berpartisipasi dalam pameran dengan menampilkan potensi film yang ada di UMY.

“UMY memiliki potensi film yang berasal dari portofolio tugas mahasiswa Ilmu Komunikasi dan karya komunitas film seperti Cinema Komunikasi (Ciko) dan Kine Klub. Karya dari sivitas akademika UMY sudah beberapa kali meraih penghargaan,” jelas Budi Dwi Arifianto, kepala Laboratorium Ilmu Komunikasi UMY. Budi menambahkan bahwa melalui keikutsertaan UMY di pameran potensi film tingkat nasional, jejaring dengan sineas dan stakeholders film terjalin. “Keikutsertaan kami mewakili UMY ditujukan untuk semakin meningkatkan kualitas film karya mahasiswa,” tambahnya.

Dosen Ilmu Komunikasi UMY, Fajar Junaedi yang terlibat langsung dalam pameran menambahkan bahwa selain film karya dosen dan mahasiswa UMY, stand UMY di arena Pameran Potensi Film juga diisi dengan publikasi ilmiah dosen UMY di bidang film. “Selain potensi pendidikan tinggi film, UMY juga punya potensi mengembangkan riset kajian film,” jelasnya.