Program Studi Ilmu Komunikasi mengundang Redaktur Radar Jogja, Iwa Ikhwanudin, S.Sos untuk berbagi ilmu dan pengalaman melalui kuliah dosen tamu di Gedung KH Ibrahim E6 Amphiteater lantai 5 pada Sabtu (1/12). Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2017 ini, merupakan rangkaian mata kuliah Pengantar Public Relations (PR) yang diampu oleh Dr. Yeni Rosilawati, S.IP, M.M. Materi pada kuliah umum bertajuk Public Relations di Mata Media.

“Peran seorang PR bagi perusahaan itu sangat besar, dengan berita akan membuat nama perusahaan itu lebih baik melalui publisitas yang telah dibuat PR tersebut,” ucap Iwa Ikhwanudin, S.Sos alias Iwa dalam materinya.

Menurut Iwa, seorang PR harus memiliki hubungan yang baik dengan pengelola media, khususnya para jurnalis. “Hubungan media dengan PR itu harus hubungan yang baik ya. Menurut saya teman-teman juga harus memiliki hubungan yang baik dengan teman-teman pers. Seperti misalnya ada kunjungan media atau media visit istilahnya, lalu diberitakan pada media massa. Berita yang di-publish itu akan membawa nama tempat kerja seorang PR tersebut. Hal itu akan membawa nama baik tempat kerja seorang PR tadi,”

Dalam kuliah dosen tamu ini, banyak yang disampaikan oleh Iwa. Diantaranya yakni hubungan antara PR dengan media, peran seorang PR dalam perusahaan, menjelaskan etika jurnalistik, cara membuat press release yang baik, serta menunjukkan contoh-contoh press release.

Ia berpesan agar seorang PR harus mampu menjalin relasi yang baik dengan banyak pihak. “PR harus memiliki nomor kontak yang banyak, nomor teman-temannya, harus punya relasi yang banyak. Karena bagaimanapun akan terjun di dunia jurnalistik yang memerlukan informasi dari banyak pihak,” katanya.

Press release yang baik adalah yang tidak panjang dan tidak bertele-tele. Press release pada dasarnya adalah bentuk sederhana dari hard news. Jadi ketika membuat press release tidak harus memenuhi hukum kaidah hard news, yang terpenting adalah kaidah 5W + 1H,” ucap Iwa. Ia menambahkan bahwa sudah saatnya mahasiswa mampu mengirimkan press release maupun undangan kepada media khususnya pemilik portal berita.

Dr. Yeni Rosilawati, S.IP, M.M berpesan agar mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini agar lebih mampu menulis berita dan membangun hubungan personal yang baik. “Saya harapkan anak-anak semua lebih mampu untuk meningkatkan kemampuan menulis, bahkan juga membangun hubungan personal atau hubungan formal. Bagaimana men-highlight sebuah berita di media, bagaimana kita mampu membuatnya lebih bernilai ataupun news value. Misalnya dari judulnya saja sudah menarik dan kontennya juga menarik walaupun isunya biasa saja tapi mampu mengemasnya lebih baik akan membuatnya menjadi hal yang luar bisa,” tutup Yeni.