Program Studi Ilmu Komunikasi gelar kuliah umum untuk mahasiswa angkatan 2017 dengan mendatangkan Engineer on Head dari GDI Lab, yakni Mohammad Sani Suprayogi di Gedung KH Ibrahim lantai 7 (13/11). Kegiatan yang merupakan rangkaian mata kuliah Information and Communication Technology (ICT) ini memaparkan mengenai Big Data pada media sosial melalui sudut pandang Information and Technology (IT).

“Pembicaranya dari Jakarta itu memang praktisi IT memang udah main web development, tapi kerja GDI Lab. Itu memang official partnernya Twitter buat Asia Pasifik. Ya memang mainan Big Data buat social media, kecerdasan buatan. Mungkin teman-teman mahasiswa pernah dengar ya cuma penjelasan secara teknis, sudut pandang IT kan belum pernah,” kata Ayu Amalia selaku dosen pengampu mata kuliah ICT sekaligus yang menggelar kegiatan ini.

GDI Lab merupakan sebuah perusahaan start-up yang bergerak di bidang analitik. Perusahaan ini menyediakan analitik Big Data dari media sosial guna mengoptimalkan strategi suatu perusahaan atau merek.

Ayu Amalia mengatakan bahwa kuliah umum ini bertujuan untuk mengenalkan wadah baru bagi Ilmu Komunikasi khususnya yang ingin terjun pada dunia digital. “Mau sharing informasinya aja, dan sebenarnya di luar platform komunikasi sendiri itu ada profesi baru buat anak-anak komunikasi misalnya jadi data analysis, atau social media strategy. Jadi saya mau ngenalin aja ada kemungkinan-kemungkinan baru buat anak komunikasi. Gak perlu harus dari anak IT,” ucapnya.

Dosen yang akrab disapa Ami ini berharap, melalui kegiatan ini dapat mengenalkan dunia baru dalam Ilmu Komunikasi bagi mahasiswa. “Siapa tau ada yang mau berkenalan dengan dunia yang baru yang sebenarnya terkait sama Ilmu Komunikasi tapi mungkin belum banyak pelakunya, belum banyak yang terjun ke bagian itu, jadi saya pengen mengintroduksi itu,” tutupnya.