Indo Voice Over dan Swaragama FM menggelar workshop bertajuk “Kerja Modal Suara” untuk mencari penyiar baru yang bekerjasama dengan Ikom Radio Ilmu Komunikasi UMY. Kegiatan ini berlangsung di ruang Multimedia Gedung Ki Bagus Hadikusumo E1 lantai 1 pada hari Sabtu (13/10) pukul 9.00 pagi hingga pukul 15.00 sore.

“Swaragama Grup kebetulan mencari penyiar, oprec penyiar gitu, digabungin sama workshopnya dia yang kebetulan Komunikasi UMY ada komunitas radio jadi ingin bekerjasama dengan Ikom Radio untuk mencari tempat di Komunikasi UMY,” ucap Alfandy selaku Ketua Panitia.

Alfandy mengatakan bahwa keseluruhan materi workshop ini dari Swaragama dan Indo Voice Over. Ia juga memaparkan mengenai rangkaian acara yang dijalankan, “Rangkaian acaranya sih simpel, cuma berupa workshop dan audisi. Workshopnya sendiri dibagi dua, yang pertama dari Swaragama yang isinya tentang radio dan yang kedua ada workshop dari Indo Voice Over berisi tentang audio. Kalo Ikom paling berupa sambutan aja.” Alfandy juga menambahkan bahwa setelah diadakan workshop langsung dilanjutkan dengan audisi pada tempat dan waktu yang sama.

Kegiatan ini merupakan bagian rangkaian roadshow yang tidak hanya diadakan di UMY, melainkan kampus-kampus lain juga terlibat. Alfandy menuturkan, “Sebenarnya gak cuma UMY, semua kampus yang ada Komunikasinya dia (Indo Voice Over dan Swaragama) bekerjasama. Hari pertama udah di UNY, kedua UPN, terus nanti ketiga di UMY.”

Menurut Arina selaku Technical Support Ikom Radio terdapat sekitar 40 peserta yang mengikuti workshop dan dilanjutkan dengan 21 orang yang mengikuti audisi pencarian penyiar baru ini. Arina jua menambahkan, “Yang lolos akan dikirim SMS oleh Swaragama. Satu atau dua hari setelahnya disuruh datang ke Swaragama.”

Melalui workshop ini, Alfandy berharap bahwa mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi lebih sadar terhadap radio. “Semoga anak-anak Fisipol UMY khususnya Komunikasi aware terhadap radio. Karena sekarang radio itu cukup dinomorduakan bahkan dinomortigakan,” pungkas Alfandy.