Adhianty Nurjanah, S.Sos., M.Si dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, berhasil meraih gelar doktor pada pelaksanaan Ujian Terbuka Promosi Doktor, Program Doktor Ilmu Penyuluhan Pembangunan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, Rabu (18/4) dengan judul riset disertasi “ Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sinergisitas Peran Gender Pada Program CSR Bank Sampah Mandiri PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant. Kemudian tim promotor yakni Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS, Prof. Dr. Widodo Muktiyo, M.Si, Dra. Sri Kusumo Habsari,M.Hum,Ph.D dengan tim penguji Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, Ph.D, Prof. Dr. Ir. Sunnaru Samsi Haryadi, M.Si, Prof. Dr. M.Furqon Hidayatullah, M.Pd, Dr. Sapja Anantanyu, SP,M.Si, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si.

Adapun fokus dalam penelitian ada beberapa hal, pertama untuk mengkaji karakteristik masyarakat penerima manfaat program CSR. Kedua, mendeskripsikan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan perusahaan. Ketiga mengkaji pola komunikasi antar perusahaan dan masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat pada program CSR Bank Sampah. Empat mengkaji profil peran gender pada masyarakat penerima manfaat program CSR. Kelima merumuskan model pemberdayaan masyarakat melalui sinergisitas peran gender pada Program CSR Bank Sampah Mandiri PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant di masa depan sebagai upaya mewujudkan kesetaaraan gender.

Hasil dari penelitian ini sendiri menunjukkan bahwa masyarakat melalui sinergisitas peran gender pada program CSR Bank Sampah Mandiri adalah keberdayaan masyarakat baik laki-laki dan perempuan yang ditandai dengan peningkatan aspek kehidupan. Baik pada aspek akses berupa pengetahuan dan ekonomi, kedua aspek peran berupa keikutsertaan atau partisipasi, ketiga, aspek kontrol berupa kemampuan berjejaring dan keempat, aspek manfaat berupa pengetahuan, ekonomi, dan kesehatan lingkungan.