Konsentrasi

Program Studi Ilmu Komunikasi UMY menyelenggarakan perkuliahan dengan tiga peminatan bidang studi. Tiga bidang peminatan tersebut adalah Public Relations, Advertising, dan Broadcasting. Ketiga peminatan tersebut dibuka mengingat permintaan pasar terhadap sarjana dengan keahlian dari ke-3 bidang peminatan tersebut relative tinggi.

Di semester 4 mahasiswa dipersilahkan untuk memilih salah satu bidang peminatan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

Public Relations

Bidang peminatan Public Relations (PR) difokuskan pada kajian social and political public relations. Di Indonesia, hanya Program Studi Ilmu Komunikasi UMY satu-satunya yang concern pada kajian tersebut. Bidang peminatan Public Relations (PR) merupakan studi terhadap tugas dan profesi yang berkaitan erat dengan manajemen informasi dan komunikasi sebuah instansi/organisasi secara internal maupun eksternal.

Beberapa mata kulaih yang diselenggarakan di peminatan Public Relations seperti : Manajemen PR, Eksternal Relations, Produksi Media PR, Riset PR, Perilaku Konsumen, Teknik Negosiasi dan Lobbying, Government and Public Affairs, Manajemen Isu dan Krisis, Resolusi Konflik, dan Profesional Image, dan Komunikasi Organisasi.

Prospek Pekerjaan Lulusan Peminatan Public Relations Public Relation Officer di berbagai instansi pemerintahan, perusahaan komersil dan organisasi baik organisasi pemerintah maupun non government organization (NGO)/LSM, Project Officer, Manajer Project, dan Account Executive.

Broadcasting

Konsentrasi broadcasting berfokus pada feature and documentary films, peminatan Broadcasting menjadikan satu-satunya perguruan tinggi komunikasi yang menghasilkan calon profesional yang memiliki kompetensi di bidang produksi program feature dan documenter.

Mata kuliah unggulan dihadirkan guna menunjang kompetensi yang diinginkan yaitu : Dasar-dasar broadcasting, Information and Technology Communication, Manajemen Media Penyiaran, Perencanaan Program Radio dan Televisi, Penulisan Naskah, Sinematografi, Filmologi, Negosiasi, Produksi Feature dan Dokumenter, Teknik Reportase, Produksi Program Radio dan Produksi Program Televisi.

Prospek Pekerjaan Lulusan Pemintaan Broadcasting seperti : Reporter, News Presenter, Entertainment Presenter, Announcer, MC, Director, Copywriter, Moviemeker, Producer, Animator, Cameraman dan Researcher.

Advertising

Konsentrasi Advertising berfokus pada Strategic Planning dan Creative Copy Base pada pengelolaan komunikasi pemasaran sebuah brand. Kami memaduan pemahaman yang mendalam pada perilaku konsumen dan investigasi brand untuk menemukan pesan yang relevan. Pesan ini akan diolah dalam brainstorming untuk mencari ide kreatif dalam menyampaikan pesan melalui berbagai media terkini yang terintegrasi.

Mata kuliah penunjang di konsentrasi advertising adalah Consumer Behaviour, Integrated Marketing Communication, Copywriting, Produksi Iklan Media Cetak dan Luar Ruang, Produksi Iklan Radio dan Televisi, Advertising Research, Desain Komunikasi Audio Visual, Graphic Design, Hukum dan Etika Periklanan dan Creative Thinking.

Sebelum lulus mahasiswa advertising akan ditantang dalam kompetisi iklan seperti UMY Communication Award, Advertising UIN, Ajisaka UGM, Caraka Advertising Festival dan Pinasthika Advertising Festival, untuk langsung belajar, merasakan dan bertemu dengan pekerja iklan. Festival Iklan menjadi peluang bagi lulusan komunikasi untuk memulai karir sebagai Copywriter, Strategic Planner, Account Executive, Media Director, Advertising Producer dan Brand Manager.