Komunitas Mahasiswa

Komunitas di dalam lingkup Ilmu Komunikasi diantaranya, Cinema Komunikasi (CIKO), Fotografi Komunikasi ( FOTKA 053), Ikom Radio 107,7 FM, Komunitas Menulis (KUMIS), dan PRedator UMY. Dari setiap lembaga kemahasiswaan telah disediakan anggaran, ruangan dan fasilitas yang cukup memadai.

    1. Cinema Komunikasi (CIKO) sebuah komunitas film yang bergerak dalam produksi dan apresiasi film. Komunitas ini juga kerap mengikuti perlombaan untuk menjajal kemampuan mereka di level regional, nasional hingga internasional.
    2. Fotografi Kampus (FOTKA) komunitas fotografi mahasiswa ilmu komunikasi, hasil karya mahasiswa yang tergabung dalam komunitas ini juga sering ikut mendaftarkan hasil karyanya dalam pameran foto yang diadakan komunitas foto lainnya untuk aktualisasi dan eksistensi diri sebagai seniman fotografi.
    3. Ikom Radio 107,7 FM sebagai wadah praktek mahasiswa komunikasi dalam bidang radio atau memberikan gambaran miniatur tentang industri radio. Pada saat siaran berlangsung juga bisa streaming via http://media.umy.ac.id/radio/
    4. Komunitas Menulis (KUMIS) komunitas yang mewadahi mahasiswa dalam dunia tulis menulis. Bekerjasama dengan beberapa koran lokal di Yogyakarta, komunitas ini secara reguler mengirimkan karyanya untuk dimuat disurat kabar tersebut.
    5. Komunitas PRedator UMY sebagai komunitas yang mewadahi mahasiswa khususnya mahasiswa UMY yang mengambil konsentrasi atau peminatan public relations. Komunitas ini menyiapkan anggotanya untuk siap berkompetisi dalam ajang PR serta juga berbagi materi PR terkini.