KOMAKOM

KOMAKOM UMY (Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) merupakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMY yang didirikan pada tanggal 4 Desember 1996 di kampus terpadu UMY. KOMAKOM UMY berfungsi sebagai wadah berkumpul bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY, memperjuangkan aspirasi mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY, mendengarkan serta menjembatani antara mahasiswa, karyawan jurusan dan dosen Ilmu Komunikasi.

KOMAKOM juga tergabung dalam Forum Nasional yaitu Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) dan juga membuka jaringan dengan HMJ ( Himpunan Mahasiswa Jurusan) lain di lingkungan kampus maupun di luar kampus UMY. Selain itu, KOMAKOM juga mewadahi aspirasi organisasi yang berbentuk komunitas atau biasa disebut dengan BSO ( Badan Semi Otonom). BSO yang berada dalam naungan KOMAKOM adalah ; CiKo (Cinema Komunikasi), Fotka (Fotografi Komunikasi), Ikom Radio.

Organisasi ini terbagi menjadi 4 Divisi yang setiap divisinya memiliki spesifikasi tugas yang berbeda sehingga dapat menampung berbagai macam aspirasi mahasiswa IK UMY. Adapun divisi-divisi tersebut adalah:

  1. Divisi Public Relation, Divisi yang berfungsi untuk mewadahi aspirasi mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi yang bernaung dalam konsentrasi Public Relation.
  2. Divisi Advertising, Divisi yang berfungsi untuk mewadahi aspirasi mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi yang bernaung dalam konsentrasi Advertising .
  3. Divisi Broadcasting, Divisi yang berfungsi untuk mewadahi aspirasi mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi yang bernaung dalam konsentrasi Broadcasting.
  4. Divisi Pers Mahasiswa, merupakan divisi yang fokus dalam hal jurnalistik, media informasi, mading, humas. Divisi ini memfasilitasi mahasiswa yang memiliki hoby menulis dengan cara memuatnya dalam bulletin KOMAKOM  yang akan terbit setiap 2 bulan.

KOMAKOM UMY juga memiliki agenda Rutin Tahunan seperti menyelenggarakan Masa Ta’aruf tingkat Jurusan, bakti sosial, Malam Keakraban, Communication Award, Geladih Tangguh Jurnalistik, dan JIFF.