Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kembali menorehkan prestasi di ranah nasional, melalui ajang Pinasthika Creative Festival ke-17 yang diselenggarakan pada 3 hingga 6 November yang lalu. Prestasi tersebut yakni dua iklan UMY yang mampu meraih piala perunggu (bronze) dalam Pinasthika Award, yang diumumkan pada Sabtu (5/11).

Dua iklan UMY tersebut adalah iklan Safety Riding (Fun version), dan juga iklan Festival Al-Qur’an. Kedua iklan tersebut merupakan hasil garapan dari komunitas Otak Atik Otak (OAO), yang merupakan komunitas belajar membuat iklan. Anggota OAO terdiri atas 12 mahasiswa di Jogja, yang 8 diantaranya merupakan mahasiswa UMY yang juga mengikuti ajang Pinasthika Creative Festival ke-17.

Erwan Sudiwijaya, S.Sos., MBA., selaku mentor OAO menyebutkan bahwa pada awalnya ada tiga iklan UMY yang diikutkan dalam kompetisi Pinasthika. “Oktober akhir kita meng-entry tiga karya yaitu safety riding versi wisuda, safety riding versi fun, dan Festival Al-Qur’an. Ketiganya masuk ke dalam kategori Baskara atau Biro Iklan selain Kota Jakarta. Dan yang mendapatkan piala perunggu, dua dari tiga iklan yang kita entry tersebut,” jelas Erwan.

Erwan menambahkan bahwa pada kategori Baskara di bidang TV ads sendiri terdapat total tujuh pemenang. Dosen Ilmu Komunikasi UMY tersebut menjelaskan bahwa penjurian tidak berpegang pada juara satu, dua atau tiga, melainkan dengan sistem penilaian gold, silver, dan bronze. “Jadi ada standar nilai untuk kategori gold, silver dan bronze. Kalau ada dua karya yang nilainya masuk kedalam kategori gold, berarti yang mendapatkan gold dua karya tersebut. Sedangkan dalam pinasthika award ini dari total 7 pemenang di bidang TV ads, 4 mendapatkan bronze, 2 mendapatkan silver, dan 1 gold,” ujar Erwan.

Erwan juga mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi yang bisa dicapai oleh UMY ini. “Secara korporat, tahun ini UMY sudah membuktikan kalau strategi komunikasi melalui biro humas memiliki prestasi yang diakui oleh Phinastika award 2016. Saya berharap 2 karya ini bisa meningkatkan kualitas strategi komunikasi di biro humas sendiri. Sepanjang sejarah phinastika, baru ini komunikasi kampus yang bisa menang,” ungkap Erwan.

Selain dua iklan UMY yang berhasil memenangkan Pinasthika Award 2016, dua mahasiswa UMY yang tergabung dalam satu kelompok, juga berhasil mendapatkan piala perunggu pada kategori Ad Student. Keduanya ialah Rendi Ade Wijaya dan Ikhfan Afrido,mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY, yang menghasilkan karya berjudul “Sabang-Merauke”

Tidak hanya itu, Erwan juga menyebutkan beberapa mahasiswa UMY yang tergabung kedalam komunitas OAO yang mengikuti ajang Pinasthika Creative Festival ke-17 pada kategori Baskara, juga mendapatkan beberapa pernghargaan. Jenis karya dan penghargaan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Kategori Baskara: TV Ads

Judul: OAO-24 Jam

Nama peserta: Ikhfan Afrido, Ilmu Komunikasi UMY 2013

Penghargaan: Gold

2. Kategori Baskara: TV Ads

Judul: OAO-Tukang Becak

Nama peserta: Riyadi Prabowo, Ilmu Komunikasi UMY 2013

Penghargaan: Silver

3. Kategori Baskara: TV Ads

Judul: OAO-Lukisan Kaos

Nama peserta: Lailatul Musfiroh, Ilmu Komunikasi UMY 2014

Penghargaan:Bronze

4. Kategori Baskara: Print Ads

Judul: OAO-Pihepi

Nama peserta: Rafie Zahrina, Ilmu Komunikasi UMY 2013

Penghargaan: Gold

5. Kategori Baskara: Public Service Ads

Judul: OAO-Gambar Anak

Nama peserta: Lailatul Musfiroh, Ilmu Komunikasi UMY 2014

Penghargaan:Bronze

6. Kategori Baskara: Public Service Ads

Judul: OAO-Kardus Indomie

Nama peserta: Nyoman Kurnia, Ilmu Komunikasi UMY 2013

Penghargaan: Gold

7. Kategori Baskara: Billboard & Street Posters

Judul: OAO-Celengan Burger

Nama peserta: Lailatul Musfiroh, Ilmu Komunikasi UMY 2014

Penghargaan: Bronze

8. Kategori Baskara: Billboard & Street Posters

Judul: OAO-Pihepi

Nama peserta: Rafie Zahrina, Ilmu Komunikasi UMY 2013

Penghargaan:Silver

9. Kategori Baskara: Radio Ad

Judul: OAO-Dipersembahkan

Nama peserta: Nyoman Kurnia, Ilmu Komunikasi UMY 2013

Penghargaan:Gold

10. The best TV ads: OAO-24 Jam: Ikhfan Afrido, Ilmu Komunikasi UMY 2013

11. The best print ads: OAO-Pihepi: Rafie Zahrina, Ilmu Komunikasi UMY 2013

12. The best radio: OAO-Dipersembahkan: Nyoman Kurnia, Ilmu Komunikasi UMY 2013org_dsc01391-01