Salah satu komunitas mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY yaitu Fotografi Komunikasi (FOTKA 053) menggelar pameran fotografi yang bertema Battle Genre selama dua hari, terhitung mulai tanggal 28 Februari 2018 – 1 Maret 2018 di Loby Gedung K.H Bagus Hadikusumo atau yang lebih dikenal Loby Fisipol. Tujuan diadakannya pameran ini untuk unjuk gigi serta eksistensi teman-teman FOTKA 053 dan juga sebagai penyemangat untuk selalu berkarya,  jelas Hermanto selaku Sekretaris Jendral FOTKA 053.

FOTKA 053 memilih tema battle genre karena setiap anggota dari FOTKA 053 mempunyai ketertarikan sendiri-sendiri pada jenis fotografi, jadi dalam pameran FOTKA 053 kali ini mereka membuktikan bahwa berbagai macam genre dalam fotografi mempunyai eksotisme sendiri. Dimana genre yang dimaksudkan disini seperti landscape, street photography, stage photography, dll.

Dari segi persiapan sebelum pameran sendiri, mereka sudah dari jauh-jauh hari mempersiapkan semuanya, terutama pada saat liburan semester ganjil kemarin, teman-teman FOTKA 053 melakukan hunting untuk mengambil beberapa stok-stok foto yang akan dipamerkan. Tak hanya itu saja, ternyata teman-teman FOTKA 053  mendapatkan beberapa tantangan pada saat hunting  namun bisa dilewati dengan mudah, salah satunya mereka harus bersabar untuk mendapatkan timing dan feel yang pas, agar hasil foto mereka mengandung sebuah nyawa dan sebuah makna tak hanya sekedar foto saja.  Adapun output yang diinginkan dari terselenggaranya pameran ini yaitu adanya partisipasi mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY untuk bergabung menjadi keluarga besar FOTKA 053.