Dua dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dr. Filosa Gita Sukmono MA dan Fajar Junaedi M.Si meraih penghargaan dalam 1st Aspikom International Communication Conference (AICCON) yang dihelat di Hotel Horison Ultima Palembang, Sumatera Selatan (12-14/11). Paper yang ditulis keduanya meraih penghargaan sebagai The Best Paper, menyisihkan lebih dari 100 paper yang berasal dari Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara.

Paper yang kami susun adalah outcomes penelitian yang difasilitasi LP3M UMY, dengan mengambil tema tentang manajemen dan tata kelola media baru Muhammadiyah di Jawa Timur,” jelas Fajar Junaedi.

Ia menjelaskan bahwa paper yang disusun sebagai hasil penelitian ini memberikan perspektif baru tentang penerapan jurnalisme warga dalam tata kelola media komunitas, baik di Muhammadiyah maupun organisasi dan komunitas yang lain.

Seleksi paper dilakukan oleh tim reviewer yang dengan mekanisme “blind review” yang melibatkan para akademisi Ilmu Komunikasi terkemuka yang ditunjuk oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom). Sebagai salah satu bentuk apresiasi dari Aspikom, paper yang terpilih menjadi paper terbaik akan dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi.

Selain pararel sessions, rangkaian kegiatan AICCON juga diisi dengan planery sessions. Adapaun pembicara yang didatangkan yakni dari Jerman, Thailand, Malaysia, Singapura dan Indonesia. Secara keseluruhan rangkaian kegiatan AICCON telah berlangsung sukses sebagai konferensi internasional di ranah Ilmu Komunikasi yang dilaksanakan oleh Aspikom.

Fajar Junaedi mengatakan bahwa pencapaian yang didapatkan ini dipersembahkan untuk Program Studi Ilmu Komunikasi UMY. “Apa yang kami raih ini kami persembahkan untuk semua civitas akademika Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta agar semakin mendunia,” tutup Fajar Junaedi.