CIKO Kembali Gelar Sinema Rakyat

19 Oktober 2018 oleh :

Cinema Komunikasi (Ciko) menggelar Sinema Rakyat dengan memutar tiga film yaitu Warna (2014), Angel (2015), Delikan (2016). Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (13/10) di Gedung Serbaguna, Perumahan Griya Suryo Asri I pukul 19.30.

“Sinema Rakyat itu untuk memberikan space untuk film-film Ciko yang distribusinya kurang ataupun yang gak lolos festival,” ucap Kemal selaku Badan Pengurus Harian bagian Distribusi Eksebisi. Kemal juga menambahkan bahwa Sinema Rakyat merupakan salah satu cara untuk mengapresiasi karya para pembuat film di Ciko.

Kemal menambahkan, prosedur pemutaran film di Sinema Rakyat dimulai dari peninjauan lokasi yang akan menjadi target diadakannya kegiatan ini. “Jadi sebelum milih film itu aku sama tim melihat masyarakatnya dulu,” ucap Kemal. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk mengenal karakter masyarakat daerah tersebut agar tidak salah dalam menentukan segmentasi film yang akan diputar.

Menurut Kemal, perhelatan Sinema Rakyat kali ini walaupun mendapat antusias yang sangat baik dari masyarakat setempat. “Pada kesempatan ini penonton yang hadir sekitar 20 hingga 30 orang” tutur Kemal.

Melalui Sinema Rakyat ini, Ciko berharap bisa mengedukasi masyarakat melalui pesan-pesan yang terkandung dalam film pendek yang diputarkan. Selain itu melalui kegiatan ini Ciko juga berharap dapat memberikan pengetahuan lebih mengenai perfilman, khususnya film pendek bagi masyarakat.