Komunitas Radio Ilmu Komunikasi Universitas Muhamadiyyah Yogyakarta ( Ikom Radio UMY ) tahun ini menyelenggarakan acara tahunan “ Broadcaster Award “. Menginjak tahun yang ke-10, Broadcaster Award #10 mengangkat tema “ Create Your Own Identity “, tema ini dipilih berdasarkan keresahan mengenai fenonema mental illness yang sering terjadi di sekitar kalangan muda.

Mental Illness merupakan suatu fenomena sosiologi yang terjadi di Indonesia yang muncul karena adanya interaksi individual dengan lingkungan sosial. Suatu kondisi psikologis yang mengakibatkan perubahan secara fisik. Fenomena ini adalah wujud perkembangan lanjut dari tekanan mental atau ketidakmampuan seseorang dalam menjalankan fungsi sosial secara normal dan akhirnya menimbulkan penurunan kemampuan kognitif, afektif atau relasional individu. Ada beberapa faktor terjadinya mental illness pada kalangan remaja saat ini yaitu dengan timbulnya less capability atau lemahnya kapasitas diri para remaja akan tingkat tekanan sosial yang semakin meningkat setiap harinya.

Kompetisi “ Broadcaster Award “ingin mengajak para remaja untuk meningkatkan kesadaran demi mencegah fenomena mental illness dengan cara tetap bangga dan terus membangun identitas diri sendiri dan mensyukuri bahwa setiap manusia punya potensi masing-masing. Salah satu cara dalam upaya prevensi gangguan mental adalah dengan edukasi mengenai gangguan mental itu sendiri. Tujuannya untuk mengurangi mental illness adalah  dengan membentuk pribadi yang kuat dan tidak salah bertindak dengan adanya urgensi identitas bagi kehidupan dengan keadaan identitas remaja Indonesia sekarang ini.

Adapun kompetisinya dibagi menjadi 4 jenis, yaitu Radio Announcer, News Anchor, Reporter , Presenter  yang akan diadakan pada tanggal 5, 6, 7 Mei 2018 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan total hadiah 10 juta rupiah. Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000 untuk dalam jogja dan Rp 300.000 untuk luar jogja dengan fasilitas seperti penginapan, snack and lunch, sertifikat, beauty manner dan juga workshop bersama para expert broadcaster.

Kompetisi ini juga dibimbing langsung oleh juri-juri yang expert dibidangnya masing-masing. Untuk tahun ini, Broadcaster Award mengundang  juri nasional yaitu Maharani (Reporter Kompas TV), Erina Chusnulita (Presenter TVRI), dan Juga Yulistomo (Floor Director Trans TV), Agus Hendry (News Anchor TVRI), Isye Dewi (Presenter RBTV), Bara Zulfa, (Presenter TVRI), Denta Aditya (Radio Announcer UNISI FM) dan Bagas Wicaksono (Radio Announcer JIZ FM).