Fotografi Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar acara Basic Training untuk prajurit muda FOTKA di Wisma Gadjah Mada tanggal 17 dan 18 Maret 2018 . Basic training ini diadakan untuk menindak lanjuti kegiatan setelah Open Recruitment FOTKA 053 lalu. Dengan jumlah peserta 30 orang, acara ini diharapkan dapat mengakrabkan antara pengurus, demisioner dan prajurit muda sekaligus pelantikan anggota baru FOTKA 053.

Basic training ini memberikan pembekalan pengetahuan dasar tentang fotografi dan keorganisasian karena hal tersebut dipercayai dapat membentuk anggota atau tim yang berkualitas di bidang fotografi dan yang pasti akan membentuk sebuah solidaritas yang tidak terlepas dari kata keluarga yang biasa kami sebut FOTKA 053, jelas Taufik Nur Alfianto selaku presiden FOTKA 053

Adapun rangkaian acaranya terdiri dari workshop genre fotografi landscape, street photography,  foto model, dan lain sebagainya dengan menghadirkan pemateri dari alumni atau demisioner FOTKA 053 yang telah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas. Dipilihnya pemateri dari internal FOTKA sendiri juga memiliki tujuan khusus, selain dapat mengakrabkan alumni dengan anggota-anggota baru, juga dapat menjadikan ikatan bagi alumni terhadap FOTKA 053. Selain itu, juga ada juga sesi sharing tentang pengalaman kerja para alumni FOTKA yang bergerak di bidang fotografi dan genre fotografi.

Dalam rangkaian acara yang selanjutnya, teman-teman memilih untuk mengadakan outbond, yang kesannya lebih asik dan membaur karena dalam kegiatan outbond ini mengharuskan seluruh anggota dan panitia menjadi satu dalam permainan, dimana permainan yang dipilih adalah perang colour fun dan perang air. Adapun puncak acara setelah outbond yaitu pelantikan prajurit muda FOTKA 053 dengan mengguyurkan air kembang ke setiap anggota baru.