Program Studi Ilmu Komunikasi mengundang seorang Pakar Public Relations (PR), Rosa Kusuma Dewi Azhar untuk berbagi ilmu dan pengalaman melalui kuliah umum di Gedung KH Ibrahim E6 Amphiteater lantai 5 pada Sabtu (24/11). Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2017 ini, merupakan rangkaian mata kuliah Pengantar Public Relations yang diampu oleh Dr. Yeni Rosilawati, SIP, M.M. Materi pada kuliah umum mengenai keterampilan berkomunikasi pada Public Relations dan Public Speaking.

“Mengasah keterampilan komunikasi penting karena kemampuan berkomunikasi adalah backbone-nya PR,” kata Rosa. Ia menekankan agar mampu mengemas cara berkomunikasi yang baik agar efesien, asertif, dan tegas.

“Seberapa bagus, seberapa besar pun ide kamu kalau tidak memiliki keterampilan komunikasi itu akan sulit,” katanya menambahkan.

Dalam kegiatan ini Rosa juga menyampaikan banyak hal diantaranya; persyaratan mendasar bagi profesi PR, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, membangun komunikasi yang baik, dan etika PR. Ia juga menjawab permasalahan para mahasiswa mengenai kemampuan berkomunikasi mereka serta mempraktikkan cara berkomunikasi yang baik dan benar dalam dunia PR dan Public Speaking.

Selain meningkatkan keterampilan berkomunikasi, Rosa juga berpesan bahwa seorang PR harus mampu menjaga emosinya agar tetap stabil. “Seorang PR harus selalu mampu untuk tetap senyum walaupun sedang emosi, makanya seorang PR harus punya emosi yang stabil,” ucapnya.

Di samping itu, Yeni menutup kegiatan ini dengan mengatakan bahwa berlatih untuk mengembangkan diri adalah hal penting. “Public Relations skill-nya kompleks yaitu keterampilan komunikasi dan keterampilan menulis, melainkan juga keterampilan kepribadian penting untuk mengembangkan diri, sehingga sangat perlu untuk terus-menerus berlatih,” tutupnya.