Setelah pada bulan Juli lalu Ilmu Komunikasi UMY melalui proses reakreditasi, Alhamdulillah Ilmu Komunikasi UMY berhasil mempertahankan akreditasi A dengan jumlah nilai meningkat 6 point dari akreditasi sebelumnya.

Pada hari Jumat, 10 Agustus 2018 lalu Prodi Ilmu Komunikasi mengadakan acara tasyakuran karena berhasil mempertahankan predikat A, yang dihadiri oleh perwakilan dari rektorat, segenap dosen dan staff karyawan prodi Ilmu Komunikasi, mahasiswa dan alumni.

Dalam rangkaian acara syukuran akreditasi Ilmu Komunikasi, dekan Fisipol Dr.Titin Purwaningsih, S.IP, M.Si mengucapkan selamat untuk warga Prodi Ilmu Komunikasi atas akreditasi yang telah diperoleh. Mendapatkan akreditasi yang baik merupakan berkah sekaligus tantangan untuk program studi Ilmu Komunikasi ke depannya agar bisa mencetak mahasiswa serta lulusan yang baik, ucapnya.”
Selain itu, ketua program studi Ilmu Komunikasi Haryadi Arief Nuur Rasyid, S.IP, M,Sc juga mengungkapkan kebanggaannya bisa mempertahankan akreditas Ilmu Komunikasi tetap A dengan jumlah kenaikan nilai yang signifikan. Saya berterima kasih untuk teman-teman dosen yang sudah mengikuti proses re-akreditasi selama beberapa bulan, meskipun saya juga tahu kalau kita juga memiliki kesibukan masing-masing dan untuk adik-adik mahasiswa yang ikut membantu proses re-akreditasi ini hingga sekarang prodi Ilmu Komunikasi mendapatkan predikat A. Dengan usaha dan kerja keras kita Ilmu Komunikasi dapat memperoleh hasil yang membanggakan ini, jelas Haryadi Arief Nuur Rasyid, S.IP, M.Sc selaku ketua program studi Ilmu Komunikasi UMY.

Dengan memperoleh predikat A diharapkan program studi Ilmu Komunikasi dapat mengembangkan sumber daya manusia yang baik di bidang broadcasting, public relations, dan advertising dengan tetap menjunjung visi prodi Ilmu Komunikasi sendiri yaitu diharapkan pada tahun 2025 menjadi program studi yang unggul dalam mengembangkan kajian komunikasi dengan perspektif multikultur di level ASEAN, dengan bertumpu kepada penguatan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.